Close

Tipe orang dalam beribadah

TIPE ORANG DALAM BERIBADAH

Tipe pertama, adalah tipe “pedagang”, yaitu melakukan sesuatu demi memperoleh imbalan yang menyenangkan. Termasuk dalam kategori ini adalah orang yang taat kepada Allah karena mengharapkan di akhirat kelak akan dimasukkan ke dalam surga.

Tipe kedua, adalah tipe “budak” yang takut pada majikannya. Ia taat kepada Allah karena dorongan takut siksa neraka.

Tipe ketiga, adalah tipe “orang arif”, yaitu orang yang beribadah bukan karena mengharapkan imbalan surgawi dan juga bukan karena takut neraka, melainkan sebagai “balas jasa” karena menyadari betapa besar anugerah Allah yang telah diterimanya. Ia tidak berani membangkang pada Allah semata-mata karena rasa malu bahwa Rabb-nya telah memberikan yang terbaik untuknya. Tidaklah pantas baginya membangkang pada perintah Allah yang telah memberinya anugerah yang tidak dapat dihitung banyaknya. Dengan demikian segala tindakannya semata-mata karena tidak ingin Allah “kecewa” kepadanya.

Namun ketiga tipe ini pada hakekatnya sama-sama lillahi ta’ala, hanya “penghayatannya” yang berbeda. Inilah yang membedakan kualitas dalam pengabdian kepada Allah SWT. Jadi anda masuk tipe yang mana?

Leave a Reply

%d bloggers like this: