Close

Dosen Universitas Telkom Pelatihan Pengoperasian Aplikasi E-Commerce Kepada Kelembagaan Ibu PKK Desa Sukasari

Dosen FIT D3 Sistem Informasi Universitas Telkom Beri Pelatihan Pengoperasian Aplikasi E-Commerce Kepada Kelembagaan Ibu PKK Desa Sukasari Untuk Mempromosikan Hasil Keterampilan Secara Online

 

BANDUNG, TEL-U – Program Studi (Prodi) D3 Sistem Informasi Telkom University (Tel-U) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pelatihan tentang pengoperasian dan penggunaan Aplikasi E-Commerce kepada Kelembagaan Ibu PKK Desa Sukasari Kabupaten Bandung di Laboratorium Gedung Selaru (Fakultas Ilmu Terapan) Lt.2 di hari Sabtu pada tanggal 8 Desember 2018, dan pelatihan tersebut berlangsung selama delapan jam.

Menurut ketua pelaksana PkM, yakni Muhammad Barja Sanjaya S.T., M.T., OCA., kegiatan PkM ini berkaitan dengan pemanfaatan terhadap teknologi berupa aplikasi e-commerce untuk membantu pemberkasan dokumen digital berupa hasil-hasil keterampilan ibu PKK desa Sukasari yang dapat diekspos ke luar, serta dapat menjadi salah satu media untuk mempromosikan hasil keterampilan di unit ibu PKK tersebut. Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri lebih dari 20 peserta ibu PKK desa Sukasari.  “Pelatihan terhadap beberapa aplikasi ini memudahkan unit ibu PKK dalam menyusun, mencatat dan mempromosikan hasil keterampilannya kepada pihak luar.” ucapnya.

Penggunaan aplikasi e-commerce sendiri sudah terbukti dapat memudahkan masyarakat dalam pencarian item tanpa harus mendatangi toko yang menjual item tersebut. Sehingga prosesnya bisa lebih cepat, karena dalam proses penyajian item barang atau hasil keterampilan sudah bisa diakses dari mana saja dan kapan pun.

Barja dan panitia tim PkM yang beranggotakan Dosen Ibu Suryatiningsih dan Bapak Ady Purna Kurniawan, beserta tim dari mahasiswa yakni Widya Arum Amalia, Peggy Triandra, Naomi D. S. S. berharap bisa terus menjalin kerja sama dengan masyarakat di sekitar lingkungan Tel-U dan menjalin kerjasama dalam taraf nasional. “Mudah-mudahan bisa menyelaraskan dengan kebutuhan masyarakat dan dapat meningkatkan atau memajukan wawasan pengetahuan masyarakat”, ucapnya.

 

beberapa foto dokumentasi saat pelatihan berlangsung:

gambar 2. tim panitia bertugas sebagai instruktur untuk asistensi pemateri

 

gambar 3. ibu Suryatiningsih sebagai pemateri

 

gambar 4. tim mahasiswa sebagai instruktur pendamping peserta

 

gambar 5. dokumentasi dosen dan peserta di akhir kegiatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: