Pelatihan Pengoperasian Dan Pemanfaatan GOOGLE Application Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring


Assalamu’alaikum wr wb

Pada kesempatan ini saya akan mem-posting tentang hasil dokumentasi kegiatan pelatihan atau penyuluhan berbasis teknologi terapan kepada mitra sasar yakni guru-guru SDN 1 dan 2 Wass Desa Sukasari, Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung di Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan ini membahas dan mempraktekkan tentang penggunaan dan pengoperasian salah satu teknologi online meeting yang bisa diterapkan di akademik secara daring yakni Google Meet. Domain kegiatan ini selaras dengan bidang yang kami kaji di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom di program studi D3 Sistem Informasi.

Aplikasi Google Meet yang menjadi topik pelatihan tersebut memungkinkan instansi sekolah secara sendiri dapat membuat dan menyusun pembelajaran secara daring selama masa pandemi Covid-19. Hal lainnya yang menjadi prioritas saat memilih dan menentukan topik pelatihan yakni agar para guru juga mampu menyeleraskan wawasan di bidang teknologi yang makin berkembang, bahkan bisa menjadi bekal ketika semua sistem sudah didukung penuh dengan fasilitas teknologi. Sehingga para guru menjadi terampil dan sudah terbiasa untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi baru yang mendukung kinerjanya dan semakin produktif dalam performa bekerjanya.

Kegiatan ini didukung oleh PPM Universitas Telkom dan merupakan kegiatan di batch pertama pada tahun 2021. Adapun lokasi kegiatan di aula SDN 2 Waas Desa Sukasari, kecamatan Pameungpeuk, dan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 3 April 2021, mulai acara sedari pukul 07.30 sampai pukul 15.30 WIB. Serta, acara kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh peserta 24 guru.

Berdasarkan tinjauan dari hasil kuisioner yang diperoleh, dikatakan bahwasanya peserta pelatihan sangat antusias dan berterima kasih kepada Universitas Telkom karena telah peduli dan perhatian terhadap perkembangan wawasan para guru dalam visi dan misi yang sama yakni membangun bangsa dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Peserta meyakini dengan sering diadakannya pelatihan berbasis IT terapan dapat meningkatkan performa guru untuk lebih produktif dan lebih cepat dalam bekerja.

Adapun susunan panitia pelaksana yang berkaitan dengan pelatihan ini, sebagai berikut:

  1. Ketua Panitia: Muhammad Barja Sanjaya, bertugas juga sebagai penyusun materi dan instruktur.
  2. Pemateri: Muhammad Barja Sanjaya
  3. Tim instruktur beranggotakan 4 mahasiswa, yakni: Tiara Nuha, Amalia Audah, Amelia H. dan Lutvi Rizki N.

Semoga dengan adanya pelatihan atau penyuluhan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta keterampilan IT masyarakat Indonesia. Aamiin…..

Wassalamu’alaikum wr wb.

Berikut URL untuk dokumentasi video pelatihan yang telah diunggah di media Youtube: https://youtu.be/uV_HRn6tfaY

Lampiran Foto Dokumentasi

Pelatihan PkM 2021-1


Leave a Reply